Erny Kusmastuti Beri Inspirasi Wanita Indonesia

Rayakan hari Kartini, Fairfield Marriot Hotel Surabaya mengadakan mini class bertema Woman In Career.
general manager fairfield marriot surabaya, erny kusmatuti
General Manager Fairfield Marriot Surabaya, Erny Kusmastuti, yang juga mengisi talkshow utama ini mengatakan bahwa acara ini diselenggarakan untuk memberi banyak inspirasi pada wanita Indonesia, khususnya Surabaya. 
Wanita asal Yogyakarta yang kini menjabat General Manager Fairfield Marriot Surabaya ini memiliki pandangan sendiri soal Kartini di masa kini.
Menurutnya, sosok Kartini masa kini harus berhasil dalam karir dan juga berhasil dalam keluarga. Kalau buat saya seorang wanita harus membalancekan hidupnya. Seorang wanita tidak boleh hanya mementingkan karir lalu harus mengorbankan keluarga, begitupun sebaliknya.
“ibu saya dulu dosen lalu ketika punya anak banyak, dia harus mengorbankan karirnya. Dia kemudian bilang sama saya “nggak enak lo di rumah” dari situ saya dapat inspirasi. Saya selalu bersikap professional. Ketika kerja saya tidak pernah membawa perasaan. Ketika di rumh saya pure jadi ibu, masak, cuci,”ujar ibu dua anak ini.
Erny mengatakan menjadi ibu rumah tangga sekaligus wanita karir memang berat dan penuh  tantangan. Namun jika optimis, percaya diri, cerdas dan ulet, maka akan mampu menjalaninya dengan seimbang. Tentu saja dibutuhkan dukungan keluarga yang dapat memahami konsekuensinya.
Menurut Erny, perempuan bisa sejajar dengan laki-laki dalam karir. Untuk mencapainya perempuan harus membuktikan dirinya mampu yag didukung oleh pendidikannya, kecerdasan dan sikap profesionalnya.
“perempuan tidak bisa hanya mengandalkan kecantikan, tapi harus dibarengi dengan kecerdasan dan keandalannya dalam pekerjaan. Manfatkan kesempatan untuk menunjukkan siapa diri kita. Perempuan bisa jadi berlian yang berkilau dimana pun berada. Jadi tidak perlu ragu untuk terus berkilau dan terus mengasah kemampuan,” ujar wanita penyuka rawon surabaya.
Erny Kusmastuti, mengawali karir waktu belum lulus kuliah bekeja sebagai executive di perusahaan swasta. Itu adalah level paling rendah di bidang sales. Setelah berusaha mencapai posisi, mulai menjadi sales coordinator dan bergabung  di dunia perhotelan di Yogyakarta dan semarang lalu di Surabaya, ia berhasil mencapai posisi menjadi Direct Of Sales. Setelah itu, mencapai kair sebagai General Manager di beberapa hotel bintang lima di Indonesia, hingga tujuh bulan terakhir bekerja di Fairfield Marriot Surabaya.
Hotel tersebut diantaranya Santika Hotel, Sheraton, Independent Singapura, dan banyak lagi. Ia adalah General Manager perempuan pertama Fairfield Marriot Hotel di Asia Pasifik. Meniti karir sejak tahun 1992, ada beberapa pengalaman yang paling berkesan, namun dijadikannya semangat.
“ada satu hal yang buat sampai pernah down adalah ketika memimin sebuah hotel saya diremehkan. Ada pesaing bilang ‘don’t worry yang megang Cuma Erny’. Itu saya sempat down banget. Karena Marriot itu kebanyakan yang jadi Leader itu cowok dan bule,”lanjut wanita kelhairan Yogyakarta, 14 september 1968 ini. Namun hal itu dijadikannya semangat.
“mereka mengira saya lemah, jadi tidk menyiapkan strategi untuk saya. Nah saya jadi untung loh, ketika itu mereka tidak punya strategi, maka saya kalahkan mereka,”tambah Erny.
Di Hari Kartini ini, Erny berpesan pada seluruh wanita Indonesia agar jangan menyerah untuk bekerja keras. Tunjukan bahwa kita sama dengan laki-laki. Bisa bekerja keras juga seperti laki-laki. Kita harus meneruskan apa yang Ibu Kartini perjuangkan.